PROPOSAL PENGADAAN PERALATAN TEKHNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI (TIK)

 

PROPOSAL

PENGADAAN PERALATAN 

TEKHNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI

(TIK)

TAHUN ANGGARAN 2009

 

 

 

           
     
   
       
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SMA NEGERI 2 GERAGAI

JALAN                : Jl. LINTAS JAMBI- MUARA SABAK

DESA                  : SUKA MAJU

KECAMATAN   : GERAGAI

KABUPATEN     : TANJUNG JABUNG TIMUR

 

 

 

 

 

LEMBAR  PENGESAHAN

 

 

PENGADAAN PERALATAN 

TEKHNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI

(TIK)

TAHUN ANGGARAN 2009

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Muara Sabak, 07 Mei 2009

 

 

 

Mengetahui,                                                                           Kepala

Kepala Dinas Pendidikan                                                               SMA NEGERI 2 GERAGAI

Kabupaten Tanjung Jabung Timur                                                                                   

 

 

Ir. H. Suparno,  M.S                                                                         FITRI KURNIASIH, S.Pd

Pembina Utama Muda  / IV C                                                            NIP.132 212 830

NIP. 19580621 198103 1 005

 

 

                                                          

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                             

i

 

KATA  PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan dan kemampuan dalam menyusun Proposal  Permohonan pengadaan peralatan Tekhnologi Informasi dan Komputer (TIK) Tahun Anggaran 2009.

Proposal ini disusun berdasarkan rapat dewan guru dan pegawai SMA Negeri 2 Geragai, dengan mempedomani petunjuk teknis dan pelaksanaan Kegiatan pengajuan.

Sehubungan dengan itu, kami warga sekolah SMA Negeri 2 Geragai mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkenaan dengan rencana kegiatan, yang sudah membantu, sedang membantu maupun akan membantu, sehingga diharapkan rencana ini dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.

Akhirnya dengan segala daya dan upaya kami sampaikan permohonan / proposal ini dengan segala komitmen dan konsekuensinya kepada Allah SWT kita bersyukur atas kebenaran yang kita dapat dan permohonan maaf kita haturkan kepada sesama atas kekurangan, kesalahan dan kekhilafan. Terima kasih.

 

 

 

Kepala

SMA Negeri 2 Geragai

 

 

 

FITRI KURNIASIH,S.Pd

NIP : 132 212 830

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

 

 

BAB  I

PENDAHULUAN

 

 

 

A. Latar Belakang

Sehubungan SMA Negeri 2 Geragai baru berdiri tahun 2008 dan masih dalam tahap perkembangan untuk lebih maju pada masa yang akan datang, serta upaya meningkatkan pelayanan peserta didik yang terkait dengan kualitas belajar dan pembelajaran yang diiringi dengan semakin maraknya penggunaan media tekhnologi yang canggih di era Globalisasi ini maka diajukan usulan proposal permohonan pengadaan peralatan tekhnologi informasi dan komunikasi tahun aggaran 2009

Perkemabangan IPTEK yang semakin capat dewasa ini menunjukkan hubungan yang relepan antara kemajuan di bidang pendidikan, yang sejalan dengan tujuan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mengupayakan pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan terus- menerus  diluruskan oleh pemerintah khususnya Dinas Pendidikan.

Peningkatan mutu, skill para siswa dan guru SMA Negeri 2 Geragai sangat penting karena SMA merupakan aset dan menghasilkan output lulusan yang berkualitas baik di bidang akademik dan non akademik. Sehingga akan menghasilkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing di tingkat Regional maupun Global.

Suatu kenyataan yang dihadapi hampir seluruh Lembaga Pendidikan adalah kurang tersedianya fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai. Sementara cita-cita setinggi apapun yang dirancang, jika pasiitas sarana dan prasarana kurang memadai, dapat dipastikan apa yang diharapkan kemungkinan kecil dapat terwujud.

Bertolak dari kenyataan di atas, SMA Negeri 2 Geragai yang berlokasi di Desa Suka Maju, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berusaha untuk mewujudkan impian seperti yang dituangkan dalam Visi dan Misi untuk berbenah diri minimal bisa setara dengan sekolah lainnya. Oleh karena itu, sekolah ini sangat berharap kepada pemerintah baik pusat maupun daerah untuk membantu terwujudnya impian yang menjadi cita-cita kita bersama. Diharapkan dengan terealisasinya pemberian bantuan tersebut SMA Negeri 2 Geragai bisa memulai membangun diri walau dengan kapasitas yang masih serba terbatas, khususnya dari segi peralatan dan tenaga pengajar, sebab itu sekolah ini juga sedang berjuang untuk mendapatkan kelengkapan fasilitas/ peralatan yang menunjang kegiatan belajar dan mengajar.

 

1

 

 

 

B. T u j u a n

Program bantuan peralatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK), bertujuan untuk kelengkapan, pengembangan standarisai sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan Nasional pada tingkat Kabupaten/ Kota dalam rangka meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di sekolah menengah atas akan memberikan keterampilan kedisiplinan siswa dalam mewujudkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 2 Geragai sehiungga para siswa memiliki bekal pengetahuan kemampuan setelah tamat dari sekolah dan dapat bersaing di dunia kerja baik secara Regional maupun Global

 

C. T e m p a t

         Program bantuan peralatan tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK), untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan khususnya SMA Negeri 2 Geragai yang berlokasi di Desa Suka Maju Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

 

D. W a k t u

Program bantuan peralatan tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK), untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di SMA Negeri 2 Geragai Pada Tahun Anggaran  2009.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

                               

 

BAB II

BAHAN KAJIAN

 

  1. A.         VISI, INDIKATOR VISI, MISI, DAN TUJUAN

1. Visi Sekolah

Visi SMA Negeri 2 Geragai adalah :

“ Berprestasi, Bermartabat Berlandaskan Iman dan Taqwa”

2. Indikator Visi :

a)      Unggul dalam prestasi belajar

b)      Unggul dalam kegiatan Ekstrakurikuler olah raga dan seni

c)      Unggul dalam IPTEK

d)     Taat menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianut

3. Misi

 

a)      Meningkatkan disiplin warga Sekolah

b)      Melaksanakan proses Belajar Mengajar Secara Efektif dan Efesien

c)      Melaksanakan bimbingan Secara terprogram

d)     Mengoptimalkan kegiatan Ekstra Kurikuler bidang Seni dan Olahraga

e)      Membudayakan perilaku beretika dalam kehidupan sehari hari- hari

f)       Melaksanakan administrasi Sekolah ke arah yang lebih baik

g)      Mengopitimalkan semangat kerja seluruh warga Sekolah

h)      Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara waraga sekolah,masyarakat, komite Sekolah dan Dunia usaha di lingkungan Sekolah dan Sekitarnya.

i)        Melaksanakan kegiatan penunjang pendidikan, melalui studi banding dengan sekolah yang telah maju dan berkualitas.

j)        Taat menjalankan ibadah sesuai dengan Agama yang dianut.

k)      Menamkan penghayatan terhadap ajaran agama serta melakukan kegiatan- kegiatan keagamaan

4. TUJUAN SEKOLAH (Pencapaian Rencana 5 Tahun Ke Depan)

a)      Pada tahun 2013 Peningkatan Standar Nilai hasil belajar siswa

b)      Pada tahun 2013 Sekolah menjuarai Olympiade Sains tingkat kabupaten, propinsi dan nasional

c)      Pada tahun 2013 Sekolah menjuarai Olympiade Olah Raga dan Seni tingkat kabupaten, propinsi dan nasional

d)     Pada tahun 2013 menguasai bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi dan komunikasi                                                                                                     3

 

 

 

B. IDETIFIKASI TANTANGAN NYATA

  1. Saat ini  lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri adalah 10 % , diharapkan 5 tahun mendatang meningkat menjadi 60 %, besar tantangan nyata 60 % – 10 % = 50 %
  2. Saat ini lomba olimpiade sains belum meraih juara tingkat Kab. Bidang Study Kimia, Biologi, Fisika, Matematika, diharapkan 5 Tahun Mendatang Juara 1 Tingkat Kabupaten dan Propinsi dan mewakili Propinsi ke tingkat Nasional. Untuk kimia, Biologi, Fisika dan Matematika besar tantangan nyata : 4- 0= 4
  3. Saat ini klub Voli, Basket, Takraw, Bela diri, putra dan putri belum meraih juara ditingkat kabupaten dalam even Popda. Diharapkan lima tahun mendatang dapat menjadi juara I tingkat Kabupaten  dan mewakili Kabupaten  untuk tingkat Propinsi. Untuk cabang-cabang olahraga tersebut besar tantangan nyata : 5 – 0 = 5.
  4. Saat ini baru terbentuk kelompok-kelompok seni tari. Seni Rebana, dan Drama. Diharapkan lima tahun mendatang menjadi grup-grup kesenian yang handal untuk Grup Tari, Rebana dan Drama. Besar tantangan nyata : 3 – 1 = 2.
  5. Saat ini jumlah siswa yang punya kemampuan berceramah / berdakwah dalam ajaran Agama Islam baru 5 %. Diharapkan dalam lima tahun mendatang dapat meningkat menjadi 30% dan menjadi juara dalam lomba kegiatan keagamaan, misalnya lomba dai, LCT keagaaman dan MTQ tingkat kabupaten dan atau tingkat propinsi. Besar tantangan nyata : 30% – 5 % = 25%.
    1. C.    SASARAN/ TUJUAN SITUASIONAL
    2. Sasaran 1 : Memiliki guru-guru yang profesional dengan kualifikasi pendidikan S-1 dan S-2. Pada saat ini kualifikasi pendidikan S-1 = 10 orang. Diharapkan pada tahun 2013 telah memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan S-2.
    3. Sasaran 2 : Semua ruangan kelas memiliki sarana pembelajaran berbasis ICT
    4. Sasaran 3 : Meningkatkan rata-rata nilai kompetensi siswa 0,25 per tahun
    5. Sasaran 4 : Meningkatkan partisipasi masyarakat, dunia usaha dan industri  serta alumni guna mendukung program-program sekolah
      1. D.    TATA NILAI SMA NEGERI 2 GERAGAI

SMA Negeri 2 Geragai menyadari bahwa tata nilai yang ideal akan sangat menentukan keberhasilan dalam melaksanakan proses pembangunan pendidikan sesuai dengan Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Penetapan tata nilai yang merupakan dasar sekaligus pemberi arah bagi sikap dan perilaku semua guru dan pegawai tata usaha dalam melaksankan tugas sehari-hari. Selain itu, tata nilai tersebut juga akan menyatukan hati dan pikiran seluruh guru dan pegawai tata usaha dalam upaya mewujudkan Visi dan Misi SMA Negeri 2 Geragai.

   Untuk itu, SMA Negeri 2 Geragai telah mengidentifikasi nilai-nilai yang harus dimiliki oleh setiap guru, pegawai tata usaha dan siswa (Input values), nilai-nilai dalam melakukan pekerjaan (process values) serta nilai-nilai yang akan ditangkap oleh pemangku kepentingan, khususnya stake holder di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.                                                                      

           4

 

 

 

Rencana Anggaran Biaya/ Dana Sharing Peralatan TIK/ PSB SMA 2009

No

Spesifikasi

QTY

Price

( Rp)

Sub Total

( Rp )

 

1

2

3

4

5

6

 

 

Pemasangan Instalasi Listrik

Meja 81 x 55 x 70 cm

Kursi 45 x 55 x 85 cm

UPS

Kipas Angin

Karpet

 

 

-

8

8

8

8

2 x 6

 

-

350.000,-

225.000,-

750.000,-

350.000,-

25.000,-

 

 

11.300.000,-

2.800.000,-

1.800.000,-

6.000.000,-

2.800.000,-

300.000,-

 

 

Jumlah

 

 

25.000.000,-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

BAB  IV

PENUTUP

 

A. Kesimpulan

          Pentingnya penggunaan alat- penunjang bagi sekolah ini baik untuk siswa maupun guru guna membuka wawasan di Era Globalisasi yang serba canggih. Dengan adanya peralatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi ( TIK) memberikan nuansa pemikiran edukatif dan inovatof. Penggunaan alat ini membantu efektifitas dan efesiensi dalam proses kegiatan pembelajaran dengan harapan dapat memberikan kemajuan- kemajuan di masa yang akan datang.

 

 

 

B. Saran

          Besar harapan kami Usulan proposal pengadaan alat Tekhnologi Informatika Komputer dapat terealisasi dengan baik.                                                              Kami berupaya semaksimal mungkin penggunaan alat ini bisa optimal sesuai dengan tujuan yang kita harapkan .

 

 

 

                                                                                                        

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

Daftar isi

 

Lembar pengesahan…………………………………………………………i

Kata pengantar………………………………………………………………ii

Daftar Isi……………………………………………………………………iii

 

BAB I         PENDAHULUAN…………………………………………….1

  1. Latar Belakang………………………………………………..1
  2. Tujuan ……………………………………………………2
  3. Tempat …………………………………………………..2
  4. Waktu ……………………………………………………2

BAB II        BAHAN KAJIAN

  1. Visi, Indikator Visi, Misi Dan Tujuan……………………3
  2. Indentivikasi Tantangan Nyata……………………………4
  3. Sasaran Tujuan Situasional……………………………….4
  4. Tata Nilai SMA Negeri 2 Geragai ……………………….4

 

BAB III       RENCANA ANGGARAN BIAYA

PERALATAN TIK/ PSB SMA 2009………………………….5

Rencana Anggaran Biaya/ Dana Sharing

Peralatan TIK 2009/ PSB………………………………………7

BAB IV      PENUTUP……………………………………………………..8

  1. Kesimpulan ………………………………………………8
  2. Saran ……………………………………………………..8

 

 

 

 

 

iii

 

 

 

About these ads

About nandaunja

saya kuliah di Unja Fakultas Peternakan angkatan 2011.

Posted on Februari 14, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: