Laporan Praktikum kimia Kromatografi (nanda unja)

LAPORAN  MINGGUAN PRAKATIKUM

KIMIA DASAR

KROMATOGRAFI

 

 

 

 

 

 

OLEH

 

NURSHOLEH

E10011128

D4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FAKULTAS PETERNAKAN

UNIVERSITAS JAMBI

2011

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun laporan minguan ini dengan sebaik-baiknya. Laporan praktikum mingguan ini yang berisi pengamatan , pendalaman materi, dan penerapan mengenai kromatografi yang lebih menekankan pada praktek secara langsung dengan maksud dan tujuan untuk lebih menguasai materi, sehingga penulis lebih mudah menyerap konsep materi dengan baik.

Penulis menyadari akan keterbatasan , kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan laporan praktikum mingguan ini. Oleh karena itu, saran dan masukan yang membangun sangat diharapkan guna menyempurnakan laporan berikutnya.

 

 

 

Jambi,  November  2011

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

i

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………         i

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………….        ii

PENDAHULUAN………………………………………………………………………….        1

            Latar belakang……………………………………………………………………….        1

            Tujuan dan Manfaat……………………………………………………………….        1

TINJAUAN PUSTAKA…………………………………………………………………        2

MATERI DAN METODA……………………………………………………………..        3

            Waktu dan Tempat…………………………………………………………………        3

            Materi…………………………………………………………………………………..        3

            Metoda…………………………………………………………………………………        3

HASIL DAN PEMBAHASAN………………………………………………………..        4

PENUTUP……………………………………………………………………………………..        5

            Kesimpulan…………………………………………………………………………..        5

            Saran……………………………………………………………………………………        5

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………….        6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam mempelajari kromatografi ini kita harus mempunyai landasan pengetahuan yang cukup dalam, supaya kita sedikit mudah mempratikumannya. Hal ini merupakan hal yang penting untuk pembahasaan dalam pratikum kimia dasar ini, agar kelalaian tersebut tidak terjadi lagi.

Kita selaku mahasiswa fakultas peternakan wajib dibekali pelajaran kimia karna untuk menunjang kelancaran dalam menguasai ilmu peternakan, terutama dalam materi kromatografi. Atas dasar itulah kita harus melakukan praktikum untuk lebih memperdalam materi dan penerapannya agar dapat memanfaatkan ilmu kimia di dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan

Adapun tujuan diadakannya kegiatan praktikum ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara memisahkan dan mengidentifikasi campuran itu bisa terjadi, serta manfaat yang akan kita   peroleh dalam praktikum ini adalah mengetahui lebih rinci bagaimana hal tersebut bisa tejadi dan dapat di gunakan pada kehidupan sehari-hari.

Praktikum ini bertujuan untuk kromatografi bertujuan untuk mengetahui cara memisahkan dan mengidentifikasi campuran berbagai jenis tinta pada kertas kromatografi.

 

Manfaat

Dengan adanya praktikum kromatografi kita bisa menambah wawasan. Serta manfaat yang akan kita peroleh dalam praktikum ini adalah mengetahui lebih rinci bagaimana hal tersebut bisa tejadi dan dapat digunakan pada kehidupan sehari-hari.

 

1

 

TINJAUAN PUSTAKA

Wilson (2001),menyatakan bahwa temperature suatu zat yang telah di amati dapat menghasilkan suhu berbeda dengan suhu awal. Berhitungan jika bertautan dengan cara yang hasilnya memiliki ketetapan.

Stacy (2003), mengatakan bahwa unsur yang masih terkandung dalam suatu zat kimia lainya.suhu dapat diukur dengan volumenya melalui cara simple yang telah di teliti dan di koreksi yang m,empunyai kesesuaian yang tinggi.

Kromagtografi menurut J. Marray (2004) adalah sesuatu tehnik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola gerak antara dua fase , yaitu fase gerak dan fase diam itu berguna untuk memisahkan komponen yang berada pada larutan.

Menurut Yasid (2005) menyatakan bahwa fase diam adalah fase kromagtografi yang berfungsi sebagai penyerapan dan fase tersebut cenderung menahan komponen campuran.

Faizal Akbar (2011), dalam kromatografi kertas fasa diam didukung oleh suatu zat padat berupa bubuk selulosa. Fasa diam merupakan zat cair yaitu molekul H2O yang teradsorpsi dalam selulosa kertas.fasa gerak berupa campuran pelarut yang akan mendorong senyawa untuk bergerak disepanjang kolom kapiler. Analisis kualitatifmenggunakan kromatografi kertas dilakukan dengan cara membandingkan harga relative response factor (Rf). Nilai Rf identik dengan time retention (tR) atau volume retention (VR).

 

 

 

 

 

 

 

2

MATERI DAN METODA

Waktu dan tempat

Kegiatan praktikum ini dilaksanakaan pada hari selasa tanggal  november 2011, di laboratorium MIPA UNIVERSITAS JAMBI, kegiatan praktikum ini di mulai dari jam 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Materi

Alat dan bahan yang di gunakan pada saat praktikum kromatografi dan adalah, kertas kromatografi, gelas kimia, lidi, tinta biru, merah,dan hitam, gelas piala.

Metoda

Metoda dalam praktikum kromatokgrafi mula-mula buatlah garis dengan pinsil 1 cm dari ujung bawah kertas kromatografi (semacam kertas saring). Pada kegiatan kedua adalah membuat titik dengan tinta hijau di tengah garis itu. Pada kegiatan  ketiga yaitu buat tinta dengan tinta lain di sebelah kiri dan di sebelah kanan titik hijau pada jarak 2 cm. Biarkan titik itu menjadi kering. Pada kegiatan  keempat gulunglah kertas sehingga membentuk silinder. Pada kegiatan kelima tempatkan kertas di dalam gelas kimia yang berisi air setinggi 1 cm, sehimgga ujung kertas tercelup dalam air (jaga sehingga titik tinta tidak tercelup/terendam dalam air).

Pada kegiatan enam biarkan air merambat ke bagian atas kertas. Zat warna dalam tinta akan ikut merambat naik. Pada kegiatan tujuh jika air sudah merambat mendekati ujung atas kertas, keluarkan kertas. Beri tanda batas rambatan air. Pada kegiatan delapan  perhatikanlah noda-noda zat warna dalam tinta. Biarkan kertas saring menjadi kering. Pada kegiatan sembilan ukur jarak batas air dan jarak tiap noda zat warna, dari garis pinsil pada ujung bawah kertas. Hitung harga

 

jarak noda

jarak air

 

perbandingan kedua jarak =                   ( jarak sama dengan jarak noda di bagi dengan jarak air ). kegiatan sebelas buat kromatogram dari titik tinta yang tidak di kenal, misalnya campuran dua macam tinta.

 

3

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada kegiatan kromatografi  diperoleh hasil sebagai berikut :

Warna Tinta

Warna Noda

Jarak Noda

Jarak air

Biru

Biru Muda

3

0,461

6,5

Hitam

Abu-abu

2

0,307

6,5

Merah

Merah Muda

2

0,266

7,5

 

Dalam praktikum kromatografi terjadi perubahan warna tinta. Tinta warna biru menjadi warna biru muda dengan jarak noda 0.62 cm, tinta warna hijau menjadi warna hijau muda dengan jarak noda 0.2 cm, dan tinta warna marah menjadi warna merah muda dengan jarak noda 0.093 cm. Dari titik tinta warna biru, hijau, dan merah yang berada di kertas kromatografi yang di rambati oleh air di dalam gelas kimia seiring merambatnya air ke atas kertas zat warna di dalam tinta ikut merambat naik dan menghasilkan zat warna tinta yang baru berupa noda-noda kemudian ukur jarak batas air dan jarak tiap noda zat warna, dan menghitung perbandingan kedua jarak, jarak noda dan jarak air dengan rumus = jarak noda : jarak air.

 

 

 

 

 

4

PENUTUP

 

Kesimpulan

Kesimpulan yang diraih yaitu kromatografi  adalah suatu zat yang dapat di identifikasikan atau di pisahkan dan dilihat bagaimana warna itu bias merambat bersamaan dengan air dan lebih cepat perambatan air dari pada tinta warna. Dan dengan percobaan yang dilakukan percobaan itu dapat diketahui titik stoikiometri suatu reaksi.

Saran

            Semoga pada praktikum yang akan datang lebih baik dan berhasil dari pada minggu ini dan  kita semua bisa menjalankan pratikum inni dengan baik dan lebih paham dan mudah memahami pengarahan yang di sampaikan oleh asdos.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

DAFTAR PUSTAKA

John, Wilson.2001. Kegiatan Perbandingan Praktikum Kimia Dasar. Bumi

          sakti : Semarang

J. Marray 2004. Kromatografi . Balai Pustaka : Jakarta

Stacy.2003.Kimia Dasar dan Terapan Moderen. Erlangga : Jakarta

Yasid . 2005. Kromtografi . Erlangga : Semarang

Dian. kromatografi kertas . http://www.chem-istry.org/materi/kromatografi1/kertas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

About these ads

Tentang nandaunja

saya kuliah di Unja Fakultas Peternakan angkatan 2011.

Posted on Februari 14, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: